PITUNGAN DINO JANGKEP

Mengenang kembali masa-masa ketika tinggal di lingkungan orang-orang yang suka “LELAKON”. Yaitu melakukan suatu kegiatan selama tiga hari berturut-turut dengan dengan mencari hari tertentu. Dalam penanggalan jawa dikenal istilah “Dino, Pasaran, neptu dino dan neptu pasaran”.

Nilai bilangan pada hari disebut dengan neptu dino. Besarnya bilangan tersebut adalah Setu = 9, Ahad = 5, Senin = 4, Selasa = 3, Rebo = 7, Kemis = 8, Jumat = 6. Sedangkan besarnya bilangan untuk neptu pasaran adalah Kliwon = 8, Legi = 5, Pahing = 9, Pon = 7,  Wage = 4.

Waktu yang dipilih untuk melakukan kegiatan selama tiga hari berturut-turut tersebut bukan sembarang hari. JUmlah neptu dino dan neptu pasaran harus bernilai 40. Jumlah 40 ini menurut para orang tua di kenal dengan istilah DINO JANGKEP.

Dengan menggunakan rumus Excel dapat ditemukan dengan cepat gugusan hari yang bernilai JANGKEP. selama 35 hari (selapan) ke depan terdapat 5 gugusan hari yang dapat dikategorikan DINO JANGKEP, rincian DINO JANGKEP 35 hari ke depan seperti pada tabel di bawah ini.

PITUNGAN DINO JANGKEP

TANGGAL DINO PASARAN JML
9-Oct-10 SABTU KLIWON 17
10-Oct-10 MINGGU LEGI 10
11-Oct-10 SENIN PAING 13
40
19-Oct-10 SELASA KLIWON 11
20-Oct-10 RABU LEGI 12
21-Oct-10 KAMIS PAING 17
40
27-Oct-10 RABU PON 14
28-Oct-10 KAMIS WAGE 12
29-Oct-10 JUMAT KLIWON 14
40
28-Oct-10 KAMIS WAGE 12
29-Oct-10 JUMAT KLIWON 14
30-Oct-10 SABTU LEGI 14
40
5-Nov-10 JUMAT PAING 15
6-Nov-10 SABTU PON 16
7-Nov-10 MINGGU WAGE 9
40

Untuk membuat perhitungan menggunakan excel, tahapannya adalah

1. membuat tabel seperti di bawah ini pada sheet satu

2. memberi nama/mendefinikan range dengan nama DINO (boleh yang lain)
3. pada sheet kedua dibuat tabel seperti di bawah ini
Pada sel B4 diisi tenggal yang kita hitung, rumus yang digunakan pada sel
C4 = VLOOKUP(MOD(B4,7)DINO,2)
D4 =VLOOKUP(MOD(B4,5)DINO,4)
E4 = VLOOKUP(MOD(B4,7)DINO,3)
F4 = VLOOKUP(MOD(B4,5)DINO,5)

Lampiran file excel dapat diunduh dengan klik  iniDINO JANGKEP

Leave a Reply

Share

Comments

comments

Comments 29

  • Meskipun saya orang jawa tidak paham perhitungan jawa.

    Salam kenal dari pinggir sungai Brantas.

  • @Sugeng: menurut saya, segala sesuatu jika dilandasi kemantaban dan keyakinan akan berjalan dengan lebih baik. Adanya unsur was-was dari sebagian atau orang-orang terkait menyebabkan tindakan yang kita lakukan selalu diwarnai rasa “mamang”. Rasa ragu, mamang inilah awal dari sesuatu yang tidak kita kehendaki, tapi kita ciptakan sendiri. Semua tidak lepas dari kodrat dan iradatNya. Rasa ragu itu akan berjalan terus hingga mempengaruhi alam bawah sadar, lantas menjadi sebuah doa yang tak terucap

  • Pak budi ini meski sudah tidak menetap di tanah Jawa dwipa namun untuk urusan yang mengenai lelakon orang Jawa masih terasa kental 😆 makasih pak infonya. Aku sendiri meski tahu hitungan itu namun sudah jarang aku lakukan, gak tahu kenapa. Pokoknya kalau ngitung masalah beginian terasa njelimet. Btw, anaku dua-duanya terlahir di hari sabtu. yang pertama Sabtu kliwon dan yang kedua Sabtu Legi dan yang kedua ini weton nya sama dengan aku. Katanya orang dulu nanti akan terjadi apa-apa kalau hidup berdampingan (bagi yang percaya) untungnya aku gak terlalu percaya dengan omongan orang2 dulu. Gimana menurut sampean pak ❓
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  • Petungan dina jangkep neptu dll itu adalah khasanah budaya Jawa. PRIMBON sebagai literatur tertulis tentang ini semua sangat menarik untuk merenungi maknanya. Bicara soal primbon, mengingatkan sikap saya atas primbon Jawa milik simbah kakung saya waktu saya di SMA. Saya sekarang setelah seusia simbah kakung, saya baru bisa memaknai apa yang pernah disampaikan simbah menenai perhitungan-perhitungan itu. Silakan mas Budies membaca pengalaman batin saya mengenai PRIMBON ini yang sudah saya posting di blog saya semesem.com.

  • wah habis itu ngitung kejawen yo kang heheheheh

  • @Denuzz BURUNG HANTU: terima kasih denuz, ini memang tentang jawa dan kuno lagi, jadi kalau gak paham ya sudah wajar

  • aduuuh … ini napa maksudnya, kak??
    gunanya apa … maklum ya …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  • Langsung ikut download, Pak.
    Thank you!

  • Wah, Alm. Mbah Kung saya pinter juga kalau yang weton2 gini. kata beliau, ini ilmu dapetnya dulu nggak sembarangan, tapi hasil dari niteni (mengamati) kejadian demi kejadian, dan disempurnakan oleh generasi sesudahnya. Saya sendiri nggak paham..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline