REFLEKTOR KERTAS BOLIK

REFLEKTOR KERTAS BOLIK

lengkap
KERTAS BOLIK

Kertas bolik atau parabola berbahan kertasa dalah reflektor yang terbuat dari kertas-kertas bekas. Alat ini berfungsi mengumpulkan sinyal wifi yang dipancarkan oleh akses poin kemudian di fokuskan ke USB WIFI adapter. Prinsip kerjanya seperti parabola yang mengumpulkan sinyal ke satu titik fokus. Atau wajan bolik seperti pada postingan sebelumnya. Keuntungan kertas bolik ini adalah fokus dan besarnya kertas bolik dapat ditentukan sebelumnya dengan menggunakan persamaan parabola Y2 = 4 pX. Selain itu dengan kertas bolik biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Kelemahan kertas bolik ini adalah tidak tahan terhadap guyuran hujan, sehingga hanya cocok digunakan untuk dalam ruangan.
PERSIAPAN
Alat bahan : kertas bekas 50 lembar, semen 1kg, pasir 1 ember, lem kertas, gunting, ember, aluminium foil
Pada eksperimen ini dibuat ukuran parabola dengan diameter 400mm , kedalaman 40mm dan fokus 250 mm.Untuk membentuk grafik parabola seperti ukuran di atas digunakan aplikasi Excel. Grafik yang dihasilkan di cetak kemudian dibuat mal/sket pada sebuah papan kayu yang tipis. Papan kayu yang sudah dibuat melengkung digunakan untuk membentuk adonan semen-pasir agar menjadi bentuk gundukan seperti wajan yang ditengkurapkan.
Sambil menunggu gundukan semen kering, kertas-kertas bekas yang akan dipakai direndam air terlebih dahulu kurang lebih satu hari. Jumlah kertas yang digunakan sekitar 30 lembar kertas HVS folio bekas. Lem yang digunakan dapat membeli lem FOX atau membuat sendiri dari tepung kanji yang diberi sedikit terusi (Tembaga Sulfat/CuSO4) agar tidak basi.
Setelah gundukan semen mengering dan keras, pekerjaan menumpuk kertas dapat dimulai. Peletakan kertas pertama tidak perlu diberi lem agar ketika diangkat kertas tidak lengket dengan semen. Lembar demi lembar kertas basah tadi disusun dengan hati-hati sambil setiap lembar kertas yang telah tersusun diolesi lem. Begitu seterusnya kertas-lem, kertas lem hingga tumpukan kertas yang membentuk sesuai gundukan semen tadi mencapai ketebalan sekitar 10-15 lembar kertas.
Pekerjaan menempelkan kertas telah selesai. Selanjutnya tumpukan kertas tadi dikeringkan hingga kering betul. Proses pengeringan ini dapat memakan waktu hingga 3 hari tergantung cuaca. Setelah kering kertas dapat diangkat dari gundukan semen, dan terbentuklah kertas seperti wajan. Bagian tepi kertas yang belum rapi dirapikan dengan mengguntingnya.
Bagian dalam kertas ditempeli aluminium foil. Tepat di bagian tengah dilobangi sebesar ¾ inc untuk pemasangan sambungan paralon. Reflktor siap digunakan.

ANTENE KERTAS BOLIK
Alat dan bahan : USB Wifi adapter, kabel USB eksternal, kabel UTP 10 meter, kaleng susu, gunting, solder, lem paralon, paralon ¾ inc, sambungan paralon, sumbat karet, paku sekrup, obeng, tang jepit, solder dan timah, isolasi, serta reflektor kertas bolik yg telah dibuat

alat1
gbr.1
alat2
gbr. 2
gbr3
gbr. 3 usb-utp
kabel-utp
gbr.4 utp-usb

Gbr.1 gbr. 2 gbr. 3 gbr.4
Penyambungan kabel UTP dengan kabel USB eksternal
Potong kabel USB eksternal(Gbr.3) kurang leih 10cm dan dikupas masing-masing kabel. Kabel USB ada 4 warna : merah, putih, hitam hijau. Sedangkan Kabel UTP (gbr.4)berisi 8 buah kawat tunggal yang berwarna : 1. biru, 2. biru strip, 3. hijau, 4. hijau strip, 5. coklat, 6. coklat strip, 7. orange, 8. orange strip. Penyambungan kabel UTP dengan kabel USB (gbr.5) adalah sebagai berikut :
Warna hijau ……………………………- hijau
Orange ……………………………- putih
Biru, biru strip ……………………………- merah
Coklat, coklat strip, hijau strip, orange strip …………..- hitam

usb-utp
sambungan kabel usb- utp
paralon2
lobang kaleng

Gbr. 5 gbr. 6
Melobangi kaleng susu
kaleng susu dipotong sepanjang 9 cm dari dasar (gbr.6)
dibuat lobang kira-kira cukup untuk ukuran USB pada jarak 3 cm dari dasar

gbr7
gbr7
gbr8
gbr8
gbr9
gbr9
gbr1o
gbr10

Gbr. 7 gbr.8 gbr.9 gbr. 10
Gbr.7 memotong paralon sepanjang 25cm + ujung kaleng (yang panjang paralon ditambah schok)
Gbr. 8 paralon dilobangi untuk USB Wifi
Gbr. 9 ujung paralon diberi sumbat karet untuk memasang sekrup dari luar ( gambar lain gbr, 11, 12,15)
Gbr. 10 USB wifi di lengketkan dengan lem bakar (sebenarnya ini isi lem tembakan)

sambungan-paralon
gbr11
paralon-sumbat21
gbr12
paralon-kaleng
gbr13
par-wifi-klg
gbr14

Gbr 11 gbr. 12 gbr. 13 gbr. 14
Gbr. 13,1 4 tampak posisi pemasangan paralon dari depan
Gbr. Gbr. 16 pemasangan paralon pada kaleng yang di sekrup dari belakang

lilin
gbr15
kaleng-sekrup
gbr16
par-foil
gbr17
par-parln
gbr18

Gbr. 17 paralon dililit kertas aluminium foil
Gbr18 paralon dibentuk siku untuk menyangga parabola dari belakang
Gbr. 15 gbr.16 gbr.17 gbr.18

par-ref-2
gbr19
par-reflktr
gbr20
lengkap2
gbr21

Gbr.19 gbr.20 gbr.21
Gbr. 19,20,21 pemasangan paralon dengan parabola
Selesai
Ketika dicoba maknyos, hasilnya lebih baik dari wajan bolik karena fokus, kelengkungan dan diameter dapat ditentukan sebelumnya

Leave a Reply

Share

Comments

comments

Comments 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
× Whatapps