Pendidikan Tiada Batas

Membuat TTS dengan Hotpotatoes

Hotpotatoes merupakan aplikasi untuk membuat berbagai macam tes, Kelebihan HotPot ini, selain bisa diunduh gratis, adalah bahwa ia merupakan aplikasi untuk pembelajaran yang lebih lengkap. Ia terdiri dari beberapa modul yang masing-masing memiliki kegunaan yang khas. Untuk keperluan pembuatan TTS sendiri tersedia modul JCross. Modul-modul yang lain, yaitu: JQuiz (untuk membuat soal-soal pilihan ganda atau jawaban ringkas), JClose (untuk membuat soal-soal isian yang panjang), JMatch (untuk membuat soal-soal mencocokkan), JMix (untuk membuat soal dengan kata-kata acak), dan The Masher (untuk mengorganisasikan berbagai macam pertanyaan). Pada postingan kali ini hanya dibicrakan mengenai pembuatan TTS saja. Hotpotatoes dapat diunduh melalui link gambar di bawah ini.
Adapun langkah-langkh membuat TTS dengan Hotpotatoes sebagai berikut.Cara membuat quiz lainnya di bahas di sini.

1. setelah berhasil unduh dan install, Jalankan hotpot dengan pilihan JCross, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

2. Pada kotak title dapat kita isikan judul TTSnya, selanjutnya kita dapat mengatur jumlah kotak secara manual dengan klik pada menu : MANAGE GRID-CHANGE GRID SIZE, tinggal isikan saja jumlah kotanya seperti gambar di bawah ini :

3. (langkah no 2 ini dapat kita lewati) Mengatur jumlah kotak atau langsung pada pilihan jumlah kotak otomatis : MANAGE GRID-AUTOMATIC GRID MAKER , kita langsung mengisikan kata kata yang akan dijadikan jawaban TTS, isikan sebanyak mungkin setiap barisnya. pengaturan mendatar dan menurun akan dibuaat secara otomatis oleh hotpot


4. Jika pengisian kata-kata sudah selesai, klik MAKE A GRID, maka kata-kata yang kita ketik akan tersusun secara otomatis seperti gambar di bawah ini :

5. Langkah berikutnya ada lah membuat daftar pertanyaaan setiap kata, dengan klik ADD CLUES.

6. Klik pada salah satu kata, boleh yang mendatar atau yang menurun terlebih dahulu, selanjutnya ktikkan pertanyaan lalu klik OK di samping kanan, jika semua sudah selesai dibuat pertanyaan, barulah klik OK yang berada di bawah.Selanjutnya simpan –beri nama dan diteruskan simpan sebagai webpage.

7. Sampai tahapan ini, pembuatan TTS sudah seleai, tampilan di peramban akan muncul seperti gambar di bawah ini :


Selamat mencoba..

Leave a Reply

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

iklan google

edubudies

cari produk di Lazada

Google+ follower

MOL Bonggol pisang

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
Whatapps