Enthung, Kompas bocah pinggir alas

enthung jatiEnthung, kompas bocah pinggir alas. Musim hujan telah tiba, pada masa kecil tahun 75-an saat saat begini saat yang tepat untuk mencari enthung [baca : kepompong (red)] di hutan jati. Enthung ini didapat dari dedaunan jati yang gugur ke tanah. dari balik dedaunan jati yang gugur itulah enthung-enthung bersembunyi. Kepompong berwarna cokelat kehitaman dengan ukuran sekitar 1,5 cm ini dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi.

“Enthung-enthung endi lor endi kidul…..?” Itulah penggalan mantra yang dibaca bocah-bocah kecil saat kebingungan arah di tengah hutan. ya,.. enthung dianggap bisa menunjukkan arah utara-selatan setelah dibacakan mantra. Bagian kepala dipegang tangan, mantra dibaca, maka ekor sang kompas akan bergerak ke dua arah utara-selatan. Apakah mantra itu hingga kini masih digunakan oleh anak-anak sekarang? Ah.. jangankan mencari enthung, pergi ke hutan jati saja pasti banyak yang tidak mau.

Lebih dari 30 tahun sudah tidak lagi mengenal yang namanya enthung, tiba-tiba malam tadi ada keluarga teman dari jawa membawa oleh-oleh enthung yang katanya sekarang harga 1 kilo mencapai 75 ribu. Pada masa itu enthung menjadi santapan lezat, bukan karena mengetahui kandungan protein pada enthung yang tinggi. Namun pada masa itu jajanan tidak sebanyak dan tidaksemudah sekarang. Dalam jumlah yang banyak enthung dibawa pulang untuk dijadikan lauk makanan dengan menggoreng, tumis, atau di pepes.

Pagi ini pagi nostalgia sekitar 35 tahun yang lalu sarapan pagi dengan lauk enthung. istimewa karena makan enthung di kalimantan yang di sekitar rumah tidak ditemukan pohon jati. Masyarakat di sekitar Ngawi, Bojonegoro, Jombang, Blora, Gunung kidul yang tinggal dekat hutan jati pasti masih mendengar atau mungkin masih merasakan nikmatnya enthung jati, yang dulu pernah menjadi kompas bocah pinggir alas

Leave a Reply

Share

Comments

comments

Comments 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
× Whatapps