Pendidikan Tiada Batas

DALANG BARTIM

Sastro bersama dalang Bartim

Ki Wowos Subandono, begitu panggilan akrabnya ketika pentas di atas panggung pewayangan. Nama sebenarnya adalah Ngatirin, S.Sn, lulusan salah dari satu perguruan tinggi di Surakarta.  Kedatangannya di Kabupaten Barito Timur (Bartim) memang untuk melatih seni karawitan atas nota Bupati Barito Timur, Zain Alkim. Selain melatih karawitan dia juga mempunyai keahlian sebagai dalang kerusuhan wayang kulit. Sebagai warga  Bartim, tentu saya bangga memiliki dalang dari sarjana seni.

Malam ini Ki Wowos yang baru saja lulus CPNS dan mendapat SK sebagai guru seni pada SMA N 1 Dusun Tengah pentas dengan membawakan lakon BABAT WANAMARTA. Pementasan kali ini dalam rangka silahturahmi keluarga besar H Baharudin Lisa*) dengan warga Barito Timur, khusunya Ampah. Berikut ini adalah sinopsis Babat Wanamarta yang menceritakan perjuangan Pandawa menegakkan kebenaran.

Dengan ketekunan dan semangat yang tinggi para Pandawa: yang terdiri dari Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa berjuang setapak demi setapak untuk mendirikan sebuah negara adil berkemakmuran dan makmur berkeadilan. Pandawa tidak takut menghadapi rintangan, tantangan, hambatan dalam bentuk apapun dan selalu berusaha keras dalam mewujudkan suatu impian mendirikan negara yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo. dengan  kemampuan yang dimilikinya dan didukung dari berbagai golongan dan etnis. pandawa mampu membedah hutan Mrentani untuk dijadikan suatu negara Amarta.

Adalah Puntadewa sebagai saudara tertua pandawa yang dipercaya menjadi pemimpin yang bijaksana, adil, bijaksana, santun serta mempunyai   visi dan misi yang mampu mendongrak perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya agar lebih maju.

Puntadewa pintar untuk menata kepemerintahan, Bratasena mampu mengatasi keamanan, Arjuna berusaha keras untuk memajukan pendidikan, Nangkula memajukan pertanian, dan Sadewa mengembangkan peternakan. terjalin hubungan kerja sama yang baik diantara semua pihak sehingga impian itu menjadi kenyataan bukan hanya khayalan belaka.

Barito Timur Barito Timur Barito Timur Barito Timur Barito Timur Barito Timur Barito Timur Barito Timur
Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comBlog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comBlog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comBlog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comBlog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comBlog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Leave a Reply

Share

Comments

comments

1 Comment

  1. Breast Enhancement Breast Enhancement
    May 24, 2010    

    I would truly value should you go on posting new details on the subject as it actually aids my wife to have a diploma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

iklan google

edubudies

cari produk di Lazada

Google+ follower

MOL Bonggol pisang

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
Whatapps