CMS Balitbang Membantu Sekolah

Internet, khususnya website  dinilai sebagai cara yang tepat dan efisien dalam memberikan informasi kepada semua pihak. Hal ini sejalan dengan tuntutan keterbukaan akses informasi. Namun demikian belum semua sekolah memiliki website.

Salah satu kendala pemanfaatan teknologi informasi di sekolah, khususnya pembuatan website sekolah adalah sumberdaya manusia yang dimiliki. Selama ini yang terbayang ketika berencana membuat website sekolah adalah rumitnya membuat website sekolah.

Kesulitan ini sekarang sudah dapat diatasi dengan telah dibuatnya CMS (content management system) yang dikembangkan oleh Badan Penelitian Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional. Keuntungan menggunakan CMS ini yang selanjutnya dikenal dengan CMS Balitbang adalah instalasinya mudah,dapat diunduh gratis, tersedia forum penggunadi yahoo group, layanan dan bimbingan dari pengembang serta menggunakan bahasa Indonesia.

Hingga April 2011 sebanyak 413 sekolah menggunakan CMS ini. Sekarang telah dirilis versi 3.5 yang merupakan penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya. Berikut ini adalah link unduhan CMS Balitbang beserta tutorialnya.

 

Leave a Reply

Share

Comments

comments

Comments 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF
CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
× Whatapps