Menampilkan Karya Siswa di Blog Lokal

Menampilkan hasil karya siswa melalui proyektor ke dinding, menimbulkan semangat dan rasa bangga bagi siswa yang hasil karyanya telah selesai. Selain itu bagi siswa lain menjadi termotivasi utuk membuat hasil karya yag labih bagus. Alhasil antarsiswa terjadi semacam kompetisi untuk berkarya cepat dan bagus. Suasana belajar semacam ini tentu menyenangkan, baik bagi guru maupun siswa.
Di sekolah kami memiliki satu ruang komputer yang berisi 22 unit( kasihan ya…). jumlah itu bisa bertambah karena beberapa siswa ada yang membawa laptop ketika belajar di ruangan ini. Semuanya terhubung dalam jaringan LAN ( Local area network). untuk melihat hasil karya siswa yang telah selesai, saya tidak perlu keliling mendatangi tiap PC. dari bangku guru saya menampilkan karya siswa dan menayangkannya melalui proyektor.
Siswa yang telah selesai mengerjakan tugasnya, langsung mengumpulkan tugasnya berupa posting di bog lokal. masing-masing kelas telah dibuatkan blog lokal untuk mengumpulkan tugasnya. Blog lokal ini menggunakan engine wordpress. ada beberapaketentuan sebelum siswa melakukan posting ke blog lokal, diantaraya:
1. Jika bekerja dengan aplikasi corel, maka hasilnya diekspor dulu supaya wordpres bisa menampilkannya. cara mengubah corel ke JPG bisa liha di sini.
2. Jika dari aplikasi office, word, powerpoint, excel, hasilnya disimpan sebagai file PDF. mengubah doc menjadi PDF dapat baca di sini.

Yang ingin mencoba membuat blog lokal di sekolah, bisa unduh dengan klik gambar di bawah ini

1. wordpress

2. winrar :

3. appserv :

Tahun ini saya masih diberi kesempatan mengajar mata pelajaran Teknologi Infomasi dan Komunikasi. kebetulan dua bulan terakhir ini ada salah seorang rekan guru TIK yang menunaikan ibadah haji. Kesempatan ini saya gunakan untuk mengajari kelas XI agar membuat blog lokal dan kelas X supaya mengenal file PDF.

FacebookTwitterGoogle+TumblrWhatsAppShare

Comments

comments

One thought on “Menampilkan Karya Siswa di Blog Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF