Mengguncang Juru Banu

Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan aku guncang dunia“, itulah kalimat yang dikutip oleh Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Dusun Tengah saat menutup perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu yang diadakan di Desa Juru Banu Kecamatan Paju Epat Kabupaten barito Timur. Kalimat tersebut pernah diucapkan oleh presiden Sukarno untuk memberi semangat generasi muda agar terus semangat dan berkarya. Kalimat itu kembali disampaikan di depan peserta Upacara Penutupan Perjusami untuk memberi semangat anggota pramuka agar menghidupkan gerakan pramuka sebagai gerakan pembinaan karakter generasi muda.

Kegiatan Perjusami yang diadakan oleh Ambalan R Susilo ini benar-benar telah mengguncang Desa Juru Banu. Pelajar SMAS PGRI Juru Banu Kecamatan Paju Epat sangat antusias menyambut kedatangan dan mengikuti seluruh kegiatan ini. Selain itu masyarakatnya pun memberikan dukungan kegiatan ini. Ada yang menyediakan Drum penampungan air, mencarikan kelotok, membantu memasak, menyediakan tronton untuk angkutan pascahiking, meminjamkan generator untuk penerangan hingga fasilitas MCK.

Start di mulai dari SMAN 1 Dusun Tengah sekitar pukul 14.00 WIB. Perjalanan dari sekolah (Ampah) menuju Desa Juru Banu ditempuh menggunakan kendaraan bermotor roda dua, sepeda motor. Ada sebanyak 30 buah sepeda motor yang mengikuti perjalanan ini.

Kegiatan Perjusami tanggal 7 s/d 9 September 2012 ini dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir ranting kecamatan Dusun Tengah. Perjalanan menuju ds Juru Banu memakan waktu 4 jam ini dipandu oleh Kapospol Kecamatan Paju Epat, Abadi Rohmat. Beberapa kali tampak ada anggota Ambalan R Susilo terjatuh dikarenakan medan yang berlumpur dan licin. Jika menemukan daerah yang kering, maka jalan tersebut akan berdebu dan berpasir, sehingga praktis sepanjang perjalanan penuh dengan jatuh bangun.

Sekitar pukul 18.00 WIb peserta tiba di lokasi perkemahan….dengan suasana gelap gulita.  Rasa letih, capek seketika sirna melihat warga berbondong -bondong datang memberikan berbagai bantuan. Para peserta perkemahan tampak bangga karena merasa telah mengguncang desa Juru banu. berikut ini adalah sebagian foto-foto yang sempat diunggah.

 

FacebookTwitterGoogle+TumblrWhatsAppShare

Comments

comments

5 thoughts on “Mengguncang Juru Banu

  1. Foto-foto yang amat menarik. Kalimantan begitu luas dan ‘unik’. Transportasi darat – seperti tampak dalam foto – butuh ‘keberanian’ dan ‘perjuangan’ untuk menempuhnya dengan selamat sampai tujuan. Terus kobarkan semangat para pemuda pemudi dalam meraih asa dengan sifat budi luhur dan cinta tanah air Indonesia. Salam sukses buat Admin ‘budiesinfo’.

  2. wah hebat sekali pak … saya orang Ampah saja belum pernah kesana … pramuka memang hebat … kami juga baru mengadakan kegiatan Persami di Seribu Riam Pak … kalau ada waktu kunjungan dong ke sekolah kami ….

  3. laskar pramuka gudep.01-02 berhasil mengguncang Juru Banu demikian sebaliknya Masyarakat, anak-anak generasi bangsa dari Juru Banu berhasil membuat putra(i) dusun tengah terkesan akan semangat serta kebersamaan dan kesetiaan antara masyarakat…… yang mungkin minim terjadi di dusun tengah bahkan kabupaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF