Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Ambalan R. Susilo, gugusdepan 0102 SMA Negeri 1 Dusun Tengah kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan orientasi awal tahun pelajaran. Kegiatan ini dulu sangat akrab dengan sebutan MOS (Masa Orientasi Siswa Baru). Pada tanggal 28 Juni kemarin Ambalan R. Susilo yang menamakan dirinya sebagai Korp Baret Cokelat berkumpul untuk membuat rencana kegiatan.

korp baret cokelat sedang bermusyawarah

mengetik hasil diskusi

Tujuan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik pada umumnya adalah
1. Memperkenalkan Peserta Didik pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
2. Memperkenalkan Peserta Didik pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
3. Memperkenalkan Peserta Didik pada keorganisasian
4. Memperkenalkan Peserta Didik pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
5. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri Peserta Didik sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
6. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada Peserta Didik sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar secara formal di kelas.

Pak Sastro yang mendampingi korp Baret Cokelat berdiskusi berpesan agar selama pelaksanaan kegiatan nanti dijauhkan dari bentuk-bentuk perploncoan dan sekedar lucu-lucuan. Sebelum mereka memasuki ruang untuk berdiskusi, terlebih dahulu Bu Sastro memberikan materi dinamika kelompok untuk bekal kegiatan nanti.

Diskusi berlangsung menyenangkan karena Pak Sastro membawa suasana diskusi dengan santai sambil mendengarkan musik. Saking asyiknya tak terasa diskusi berakhir pada pukul 11.30 BBWI, Pak Sastro yang diduga mirip guru ini mengakhiri kegiatan dengan mengajak berdoa bersama.

hmmm… doain ya semoga nanti bisa berjalan sesuai rencana

FacebookTwitterGoogle+TumblrWhatsAppShare

Comments

comments

24 thoughts on “Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF