Pendidikan Tiada Batas

Pendataan PTK dan sebangsanya

Pendataan PTK dan sebangsanya. PTK kepanjangan dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang umatnya terdiri dari guru, tata usaha, paman sekolah, tukang kunci, tukang kebon, satpam tetapi tidak termasuk tukang baso, sedangkan pengawas, penilik, pegawai dinas pendidikan, UPT dinas pendidikan sering tidak merasa sebagai PTK.

Pada masa tahuan 80-an dulu, guru yang merupakan kaum penurut, gajih rendah, tabu melakukan berdemonstrasi, meskipun untuk memperjuangkan hak-haknya. Tak ada yang menyangkal walaupun tidak disertai data yang akurat, bahwa guru memiliki jumlah jumlah yang paling banyak dibanding dengan pegawai-pegawai lain. Kini guru semakin dituntut untuk profesional, mengikuti perkembangan zaman, melek teknologi.

Julukan atau gelar “pahlawan tanpa tanda jasa” telah diubah menjadi “Pembangun insan cendekia“, tetapi insan-insan yang telah dicendekiakan oleh guru, diangkat derajatnya melalui proses pendidikan masih saja menganggap guru sebagai lahan empuk untuk menancapkan proyek-proyek. Simak saja program-program yang mengatasnamakan pendidikan, mengatasnamakan kesejahteraan guru, justru tidak sedikit guru yang bingung dengan program-program tersebut.

Memang untuk memahami sesuatu hal yang baru perlu proses, perlu waktu.  Namun kita harus paham bahwa Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke, bahwa fasilitas sekolah itu tidak semua standar, bahwa masih banyak sekolah yang masih belum memiliki aliran listrik, bahwa masih banyak sekolah yang tidak terjangkau jarigan komunikasi. Bagaimana hal ini bisa disamakan? Belum sempat akrab dengan program satu, sudah ganti program lain.

Kualifikasi, indentifikasi, nomorisasi, database-sisasi, online-nisasi, standardisasi, sampai sertifikasi konon katanya untuk kemajuan pendidikan, konon katanya untuk menyejahterakan guru….. tadi tu bingung mau nulis apa,….yuk kita simak beberapa program yang ditujukan untuk guru…supaya guru pinter, supaya guru melek teknologi, supaya guru bingung

1. http://belajar.kemdikbud.go.id
guru1

2, http://belajar.kemdikbud.go.id/PPB
guru2

3. http://produk.siap-online.com
guru3 
guru3b

4. http://padamu.siap.web.id
guru4

5. http://30202439.siap-sekolah.com/
guru5

Share

Comments

comments

2 Comments

  1. pa pa
    June 19, 2013    

    Kunjungan perdana salam kenal saja dulu, maaf kali ini masih belum bisa kasih komentar tentang artikelnya hehe

  2. June 14, 2013    

    Seperti bp bilang masih Indonesiakan?
    Bersyukur,,Sekolah sy listriknya sudah berumur 1,5th..kalau jaringan komunikasi harus kepojok ruangan atau kebawah pohon nyari2 signal dapat 1 atau 2 timbul tenggelam sekedar untuk kirim sms..kira-kira bagaimana ya guru-guru yang berdomisili ditempat-tempat sekitar sekolah demikian,,sudah pasti kesulitan akses informasi,jauh deeh jangan ngomong internet didepan mereka, ga nyambung atau bisa-bisa malah tersinggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline