Pendidikan Tiada Batas

PEMOTONG STYROFOAM DARURAT

Gabus merupakan suatu bahan apung yang mempunyai banyak kegunaan. Gabus digunakan sebagai penutup botol terutama minuman beralkohol seperti anggur. Selain itu, kandungan udara yang banyak di dalam gabus menyebabkannya digunakan sebagai pengapung dalam jaket penyelamat pada masa lalu.

Selain itu, kandungan udara yang banyak dalam gabus juga menjadikan gabus sebagai penebat yang baik. Oleh itu gabus telah digunakan sebagai alas meja untuk makanan panas dan dingin, dan penebat untuk peti air batu. Gabus juga digunakan dalam pembuatan dinding rumah di negara-negara 4 musim.

Gabus sebenarnya berasal dari tumbuhan, yaitu kulit sejenis pohon. Pada masa sekarang, gabus telah banyak digantikan dengan bahan buatan manusia yang lain seperti styrofoam. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gabus). Penggunaan styrofoam sudah sangat meluas, mulai dari pengaman peralatan elektronik hingga kemasan makanan. Salah satu trend yang terjadi di daerah saya adalah membuat huruf/tulisan dengan menggunakan styrofoam.

Beberapa saat yang lalu Pak Bayu bersama murid-muridnya membuat huruf dari styrofoam. Melihat mereka sepertinya kok kesulitan membentuk lekuk-lekuk huruf yang akan dibentuk, saya lantas berjanji membuatkan pemotong sederhana stryrofoam tersebut.

alat-bahan yang diperlukan. Bahan utama alat sederhana ini adalah kawat NIkel-Krom, kawat ini merupakan perpaduan logam nikel dan logam krom yang bersifat tahan karat dan memiliki hambatan yang cukup besar, sehingga bisa digunakan sebagai kawat pemanas. Tegangan yang digunakan untuk pemotongan styrofoam ini cukup DC 12 V bersumber dari power supply.

1. Kawat Nikel-krom ( biasanya di sekolah (LAB IPA) bahan ini ada berupa gulungan kawat seberat satu kilo.

2. Power supply komputer + kabel listrik nya yang sudah tidak dipakai, tapi masih bisa digunakan

3. paku kecil dua biji, kabel secukupnya

Sesuai namanya,(alat sederhana …red)  saya gunakan meja untuk mengikat/menambatkan kawat Ni-Cr ini. Kawat yang digunakan sepanjang 30-60 cm, menyesuaikan tinggi meja. Kutub positif dan negatif diatur jaraknya untuk menghasilkan panas yang dikehendaki. Semakin dekat (paling dekat 30 cm untuk 12 volt) maka panas yang dihasilkan akan semakin tinggi atau semakin cepat. lihat gambar 1

Sebelum power supply dicolok ke jala-jala listrik, dibuat hubungan singkat pada pin nomor 14 dan nomor 16 (warna hijau dan hitam). Pastikan setelah pemasangan jumper ini benar, power suplly berfungsi dengan baik, hal ini dapat dilihat dari berputarnya kipas pada power supply tersebut. (gbr 3)

Gbr1. sket pemasangan pemotong styrofoam

gbr 2. gambar power suplly hubungkan dengan yang warna kuning (+12V) danwarna hitam(Grnd)

.gambar power supply dari sini

gbr 3. skema pamasangan  hubungan singkat pada power suplly

gambar dari sini

Jika menggunakan tegangan 220v langsung ke kawat ini, maka panjang kawatnya harus lebih dari 4 meter agar tidak terjadi korseleting. Apabila ternyata kurang panas bisa diperpendek jaraknya. HATI-HATI BEKERJA DENGAN TEGANGAN LISTRIK…!

Share

Comments

comments

2 Comments

  1. February 19, 2016    

    Very usefull article. Visit my blog cara menanam tanaman buah
    yang membahas tentang Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sederhana
    dan Agar tanaman buah cepat berbuah lebat. Thanks

  2. Fotografia slubna Fotografia slubna
    March 23, 2011    

    alter accepter entrepreneur bully blog here! would he ache gross income anything attract posts hereby my blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline