Pendidikan Tiada Batas

Atom Karbon yang Khas

Karbon, kata ini barangkali mengarahkan pikiran kita pada kertas berwarna hitam yang digunakan untuk membuat tindasan pada saat membuat surat-menyurat yang menggunakan mesin ketik atau printer dotmatrik. Dalam ilmu pengetahuan karbon dipelajari pada Kimia Karbon dan Senyawa Karbon.

Dulu ilmu kimia karbon disebut kimia organik, karena senyawa-senyawanya dianggap hanya dapat diperoleh dari tubuh makhluk hidup dan tidak dapat disintesis dalam pabrik.

Pada tahun 1928, Friedrich Wohler berhasil mensintesis urea (suatu senyawa yang terdapat dalam air seni) dari senyawa anorganik yaitu amonium sianat – dengan jalan memanaskannya. Setelah keberhasilan Wohler diketahui, banyaklah sarjana lain yang mencoba membuat senyawa karbon dari senyawa anorganik. Lambat laun teori tentang arti hidup hilang dan orang hanya menggunakan kimia organik sebagai nama saja tanpa disesuaikan dengan arti yang sesungguhnya. Sejak saat itu banyak senyawa karbon berhasil disintesis dan hingga sekarang lebih dari 2 juta senyawa karbon dikenal orang dan terus bertambah setiap harinya. (Chem-is-try.org)

Karbon termasuk salah satu keajaiban ciptaanNya, karena Karbon memiliki sifat yang khas yang tidak dimiliki oleh atom-atom lainya. Sifat yang khas tersebut antara lain
1. memiliki 4 elektron terluar yang digunakan untuk berikatan kovalen
2. selain dapat bersenyawa dengan atom lain, atom ini dapat berikatan sesama karbon lainnya untuk membentuk rantai karbon yang terbuka, terbuka bercabang dan tertutup.

Intan adalah salah satu alotrop atau bentuk kristal dari atom Karbon . Jadi secara kimia, antara arang dengan intan adalah sama. Keduanya mengandung komponen utama karbon. Yang membedakan antara keduanya adalah kemurnian dan ketulusan, serta proses dalam berikatan sesama atom karbon.

Dalam dunia perblogan juga terjadi jalinan sesama blogger. Ikatan yang terbentuk pun bermacam-macam, ikatan itu bisa terjadi karena sesama profesi, seperti antara Pak Sastro dengan Pak Sawali. atau atas dasar saling silaturahmi untuk saling menghormati. Dapatkah kita membentuk ikatan seperti intan, kokoh, indah, dan memberi manfaat bagi yang lain?

(ini bukan latihan mengendalikan pikiran dan pelajaran kimia lho)
Share

Comments

comments

9 Comments

  1. November 10, 2010    

    omg, does this sound delicious! I’m eager to try it.

  2. October 27, 2010    

    ehm…mantab juga sih…ya…boleh lah..

  3. October 26, 2010    

    Great, I have already bookmarked your this page…Now I don’t have enough time for read but by reading beginning part I must say…it was a positive start .. Would love to read further too…Thanks for great post!

  4. October 11, 2010    

    @cobaberbagi: semoga pak

  5. October 11, 2010    

    Analoginya mantap pak
    Intinya bersama untuk kebaikan

  6. October 5, 2010    

    siap pak guru 😀

  7. October 5, 2010    

    @Aneka Berita: ya saya bingung kok blog saya berat, mau ngurangi yang mana?

  8. October 4, 2010    

    Rumusnya atom karbon yang khas itu mana pak? Jadi penasaran neh, ngom-ngom, blognya kok berat ya pak?

  9. October 4, 2010    

    @citromduro: kalau karbon di daerah saya orang mengira yang biasa diletakkan di dalam almari pak
    senyawa diartikan nafas.
    dalam dunia blogger ikatan karbon yang kuat dengan terjalinnya link dari satu karbon (blog) dengan karbon yang lain (other blog) akan menghasilkan ikatan karbon (link) yang kuat dan menghasilkan page rank.
    imajinatif, pemaduan blog dan ilmu pengetahuan kimia

    salam dari pamekasan madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline