Pendidikan Tiada Batas

Arti Lambang PGRI

PGRI, tentu bukan Partai Guru, seperti yang dikatakan pak Sastro. bukan juga Persatuan Guru Rajin, seperti yang dikatakan Tuan Guru dari Tamiang Layang. Sebenarnya saya ini bingung, apa sih arti lambang PGRI kok seperti itu, lalu coba-coba sowan ke mbah google, ee ketemu situsnya PB PGRI. www.pgri.or.id. Di sana ada penjelasan arti lambang PGRI, yo tak kopas saja biar ingat dan siapa tahu ada juga guru yang tidak tahu arti lambang organisasi profesinya.

??

Bentuk:
Cakra/Lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna:
bidang bagian pinggir Lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan kebernian bagi kepentingan rakyar. Warna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik Indonesia” melambangkanpengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang. Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa dan tanah air Indonesia.

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning melambangkan fungsi guru (pada pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala Api dengan 5 sinar warna merah
melambangkan arti ideologo Pancasila dan arti teknis yakni sasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh
dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan ahlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan tingi.

Warna dasar tengah hijau,
melambangkan kemakmuran generasi.

Share

Comments

comments

10 Comments

  1. November 11, 2012    

    pengabdian terus menerus.

  2. Damian Seran Damian Seran
    July 19, 2012    

    pengabdian terus menerus semoga………

  3. February 28, 2011    

    hmmm.. indah sekali maknanya..
    mudah2an seindah realisasinya

  4. February 27, 2011    

    apa sih pgri itu?

  5. February 26, 2011    

    berarti lambang PGRI, lebih mendahulukan keluhuran budi pekerti anak didiknya Pak,,
    tetapi bangsa kita belum juga mencetak negarawan baru yaa 🙁

  6. February 26, 2011    

    sudah diapprove

  7. sweet popcorn sweet popcorn
    February 25, 2011    

    lapor ketua, sweet popcorn udah daftar di komunitas janah.. gustirobynavela.co.cc segera menyusul..

  8. February 25, 2011    

    Saya sudah lama ikut PGRI pak, tapi ke luar, karena tiap bulan hanya ada tarikan dowang, lalu kemarin ada pengurus PGRI kab. Kendal ke SMP, membentuk pengurus PGRI cabang SMPku, lha kok aku sing ditunyuk dadi ketuwane, padahal aku wis nggak punya kartune, hebat toh. Jadi menurutku, PGRI dengan segala lambangnya itu baru sebatas angan-angan, dalam pengejawantahannya mingsih tanda tanya kayak yang di atas itu. Hidup PBGRI, Paguyuban Blogger Guru RI ajah. 😆

  9. February 25, 2011    

    baru akan dibentuk pak, siapa tahu ada yang memerlukan

  10. February 25, 2011    

    wah ternyata ada ya artinya. selama ini kita memang cenderung gak peduli dan gak memperhatikan hal2 spt itu

    nice info bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline