Pendidikan Tiada Batas

Nasihat untuk Budi (2)

Ditulis oleh: Anne Ahira untuk Budi!

Perbedaan adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa!
Lihatlah sekeliling kita, indahnya warna-warni bunga, warna-warni satwa, dan segala keragaman lain yang menghiasi dunia. Bayangkan kalau kita hanya mengenal warna hitam saja! Alangkah gelapnya dunia ini! 🙂 Tanpa adanya perbedaan dan warna-warni, kita tidak akan merasakan hidup semeriah dan seindah sekarang ini, betul?! 🙂

Begitu pun dengan kehidupan, setiap insan selalu berhadapan dengan segala macam perbedaan dan warna-warni kehidupan. Tapi sayang, tidak semua orang mampu melihat perbedaan sebagai kekayaan. Banyak orang merasa tersiksa karena perbedaan alias mereka tidak mampu menikmatinya.

Berbagai bentuk kejahatan dimulai hanya karena perbedaan. Entah itu perbedaan warna kulit, agama, suku bangsa, prinsip, atau sekadar pendapat. Sebenarnya, perbedaan bukanlah sesuatu yang bisa dihindari. Setiap orang lahir dengan perbedaan dan keunikannya masing-masing. Mulai dari perbedaan fisik, pola pikir, kesenangan, dan lain-lain.

Tidaklah mungkin segala sesuatu hal sama. Bahkan kesamaan pun sebenarnya tidak selalu menguntungkan. Coba bayangkan, seandainya semua orang memiliki kemampuan memimpin, lantas siapa yang mau dipimpin? Kalau semua orang menjadi orang tua, siapa yang mau jadi anak? Siapa juga yang akan menerima sedekah, jika semua orang ditakdirkan kaya?

Perbedaan ada bukan untuk dijadikan alat perpecahan. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dengan perbedaan. Namun, tentu saja semua itu harus bersyarat. Nah, syarat apa saja yang harus dipenuhi?

Berikut di antaranya…

1. Cara pandang kita terhadap perbedaan.
Berpikirlah positif dengan mensyukuri  adanya perbedaan. Anggaplah perbedaan sebagai kekayaan. Cara pandang yang benar akan melahirkan sikap yang tepat.  Ada baiknya kita mencari persamaan terlebih dahulu, sebelum mencari perbedaan.

2. Kelola perbedaan sebaik mungkin.
Musyawarah untuk mencapai kesepakatan adalah jalan yang tepat untuk mengelola perbedaan.  Berlatihlah utk menghargai, menerima,  menjalankan dan bertanggungjawab terhadap keputusan bersama, meski berlawanan dengan ide awal kita.

3. Selalu posisikan segala sesuatu pada tempatnya.
Saat bekerja sama dengan orang lain, salurkan potensi, karakter, minat yang  berbeda-beda pada posisi ‘yang tepat’.  Cara ini akan mendorong tercapainya tujuan bersama dan mendukung pengembangan potensi masing-masing individu.

4. Jangan pernah meremehkan orang lain.
Apapun dan bagaimana pun kondisi atau pendapat orang lain, perlakukan mereka selayaknya diri kita ingin diperlakukan.  Anggaplah semua orang penting. Mereka memiliki peran tersendiri, yg bisa jadi  tdk bisa digantikan oleh orang lain.

5. Jangan menonjolkan diri atau sombong.
Merasa diri paling penting dan lebih baik daripada orang lain *tidak akan* menambah nilai lebih bagi kita. Toh  kita tidak bisa hidup tanpa orang lain.  Jadilah beton dalam bangunan. Meski tidak nampak, namun sesungguhnya ialah yang menjadi penyangga kokohnya sebuah bangunan. 🙂

6. Cari sumber informasi yang terjamin kebenarannya.
Perbedaan bisa muncul karena informasi  yang salah. Oleh sebab itu, pastikan sumber informasi kita bisa terjamin dan dapat dipercaya kebenarannya. Lebih bagus lagi jika disertai bukti yang mendukung.

7. Koreksi diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain.

Menyalahkan orang lain terus menerus tidak akan banyak membantu kita. Bisa jadi kesalahan sebenarnya terletak pada  diri kita. Karenanya, koreksi diri sendiri terlebih dahulu merupakan langkah yang paling bijaksana.
So, berhentilah menyesalkan perbedaan.Karena jika tidak, Budi akan kehilangan sumber kebahagiaan! 🙂

Sukses selalu untuk Budi! Sampai ketemu minggu depan! 🙂

_____________________________________________________

Dukung Kampanye UNICEF

Dalam setiap situasi gawat darurat, anak-anak merupakan korban yang paling membutuhkan bantuan. Berapapun sumbangan Anda sangat berarti. Bantu anak-anak sekarang. Bila dana yang terkumpul melebihi kebutuhan UNICEF, maka dana tersebut akan digunakan untuk membantu situasi gawat darurat lainnya. Donasi online sekarang, jangan tunda.

• Dengan suara Anda
• Ikuti survey 10 detik

Share

Comments

comments

5 Comments

  1. August 4, 2011    

    Tanpa nasehat hidup akan gersang.

  2. March 19, 2011    

    i like it motivasi diri | http://www.budies.info at once im your rss reader

  3. wartrol wartrol
    March 18, 2011    

    hehehe..langsung tak lihat ya menonjol apa enggak

  4. udienroy udienroy
    March 18, 2011    

    jadi teringat lagu OST WIRO SABLENG hehe, yang berlainan namun merupakan pasangan,

  5. March 12, 2011    

    itu barangkali salah satu kodrat alam, tidak semuanya bisa nurut…kalau semua nurut tentu tidak akan ada kitab untuk memandu kehidupan manusia di dunia…hehe makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline