Pendidikan Tiada Batas

ITSF AWARD 2010

Setiap tahun ITSF (Indonesia Toray Science Foundation) mengadakan nominasi penghargaan kepada guru guru IPA  SMA (Fisika , Kimia, Biologi) baik dari sekolah negeri maupun swasta. Penghargaan itu adalah penghargaan atas inovasi yang telah dilakukan (bukan rencana penelitian). Ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk menuju puncak Science Education Award ini.

Hasil karya dapat berupa model pembelajaran, alat peraga yang digunakan selama pembelajaran berlangsung, penelitian atau percobaan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu. Bahkan ada juga yang sekedar review penggunaan software untuk pembelajaran, seperti pada tahun 2009 lalu ada yang semacam review penggunaan software HOTPOTATOES. Biasanya bukan atas dasar kecanggihan namun menitikberatkan pada sejauhmana hal yang kita lakukan berguna dan dapat diaplikasikan oleh guru yang lain atau masyarakat sekitar.

Tahap pertama adalah mengirimkan nominasi atas hasil karyanya yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap ini peserta diusulkan/dinominasikan oleh Kepala Sekolah atau guru yang pernah mendapat penghargaan dari ITSF. Waktu tahap pertama ini biasanya pada bulan April s/d Juli.

Pada tahap kedua, penilaian usulan/nominasi. Jika peserta yang telah mengirimkan dianggap layak oleh Tim Komite Seleksi, maka akan ada pemberitahuan untuk melengkapi usulannya berupa proposal. tahap ini biasanya Agustus s./d September setiap tahunnya. Proposal yang dikirim disertai softcopy berupa CD presentasi yang disertai foto-foto dan/atau video yang mendukung. Format proposal telah disediakan oleh Tim Komite Seleksi.

Bulan November adalah saat pengumuman seleksi proposal yang masuk 15 besar terdiri dari 5 mata pelajaran Kimia, 5 Mata pelajaran Fisika dan 5 mata pelajaran Biologi.  Pada saat pengumuman ini langsung disebutkan waktu pelaksanaan interview dan presentasi di hadapan Komite Seleksi. Tahap ini saya sebut sebagai tahap ketiga. Pada tahap ini adalah tahap yang sangat menegangkankan karena dari 15 finalis akan dipilih 10 peserta yang akan meenerima penghargaan Science Education Award.

Pegumuman pemenang diumumkan melalui telepon dan pemberitahuan melalui email. Biasanya diumumkan pada pertengahan Desember. Selanjutnya pada pertengahan bulan Februari tinggal acara ceremony penyerahan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) Sertifikat, pin burung merak dan lencana.

Semoga informasi ini dapat membantu guru-guru IPA SMA untuk mempersiapkan diri

PITUDUH : Kêcandhakíng sawijiníng idham-idhaman iku ora cukúp múng dibandang móncèr lan pêpakíng ilmu lan kawrúh baê. Nangíng ånå syarat siji kang ora kênå kalirwakakê, yaiku kapintêran ing bab sêsrawungan.

Share

Comments

comments

3 Comments

  1. January 15, 2011    

  2. March 15, 2010    

    Selamat Pak Budi. Saya bisa banyak belajar dari bapak 😀
    .-= posting terakhir sahabat Nurita Putranti´s ..Internet sehat bagi siswa =-.

    • May 1, 2011    

      kita sama-sama belajar kok bu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline