RAPORT DENGAN EXCEL

Otonomi daerah kemudian dilanjutkan dengan otonomi pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum 2006 (KTSP) memberi ruang kepada sekolah untuk merancang sendiri buku laporan pendidikan bagi peserta didiknya. Berdasarkan hal tersebut lantas saya mengusulkan ke sekolah agar membuat raport sendiri seperti model transkrip mahasiswa. Siswa menerima laporan pendidikan berbentuk lembaran hasil kerja komputer.

Berbekal kemampuan excel seadanya, dan selalu belajar dari blognya OMIYAN, saya mencoba membuat raport menggunakan excel. Rumus/fungsi excel yang digunakan adalah fungsi TERBILANG untuk mengubah angka ke huruf dan fungsi VLOOKUP untuk mengambil data dari ledger yang telah disiapkan.  Contoh raport yang telah saya gunakan tersebut tersebut dapat diunduh di sini.

Tahapan dalam membuat raport dengan excel adalah sebagai berikut:

1 membuat sheet daftar nama siswa. sheet ini hanya berisi nomor induk dan nama siswa. biasanya data ini tinggal kopi dari bagian kesiswaan

2. membuat sheet daftar nilai/ledger. sheet ini berisi seluruh nilai yang diperoleh siswa

3. membuat sheet format raport. pada sheet ini nanti yang akan dicetak dan dibagikan ke siswa, format raport dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Contoh raport yang telah saya gunakan tersebut tersebut dapat diunduh di sini.

Berikut ini contoh penggunaan fungsi VLOOKUP yang menghubungkan tabel/ledger dengan format rapornya.

1. Setelah pengetikan tabel selesai, tabel tersebut diberi nama dengan cara

– blog tabel ( sel A4:H5) judul dan kepala tabel tidak perlu diblog – formula – definename-define name – ketik nama tabel – OK

– sel C12 rumusnya = VLOOKUP(I9,TABEL,2)

-sel C18 rumusnya = VLOOKUP(I9,TABEL,3)

-sel D18 rumusnya =TERBILANG(C18,0)

-sel E18 rumusnya = VLOOKUP(I9,TABEL,4)

-sel F18 rumusnya =TERBILANG(E18,0)

Itulah rumus yang saya gunakan dalam membuat raport dengan excel, Contoh raport yang telah saya gunakan tersebut tersebut dapat diunduh di sini. Kritik, saran, Masukan sangat saya harapkan. Terutama dari pecinta excel.

Kode input yang diletakkan pada sel I9 berguna untuk sel acuan dalam mengisi data raport dan proses mencetak. Jika I9 diganti dengan angka 2, maka data siswa kedua akan terisi di dalam format raport.

catatan: agar proses pengkopian rumus benar, maka ketika penulisan alamat sel I9 disertai dengan tanda dolar menjadi $I$9, atau setelah menekan I9, tekan tombol F4 sekali. Pengisian nilai matematika tinggal menyesuaikan kolom acuan-nya.

download Raport menggunakan excel raport 12 ipa2 sem 1 0910 menggunakan excel

FacebookTwitterGoogle+TumblrWhatsAppShare

Comments

comments

84 thoughts on “RAPORT DENGAN EXCEL

  1. Benar-benar pusing gan, jumlah siswa saya ada 39, tapi di aplikasi hanya sampai 31 siswa, kemudian menambah siswa di urut 32 sampai 39 tetap yang keluar di leger nama pada nomor 31. tolong bantuannya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF