Pendidikan Tiada Batas

Info Sertifikasi PTK

Bicara serttifikasi memang multidimensi, ada yang menganggap bahwa serfitikasi belum membawa dampak positif terhadap dunia pendidikan. Kalau belum berarti suatu saat pasti ada dampak positifnya. Kita lihat saja sebelum era sertifikasi yang masuk kuliah kependidikan untuk menjadi calon guru didominasi dari kalangan ekonomi menengah kebawah serta ranking menengah ke bawah pula. Hal ini berdampak pula pada kualitas guru yang dihasilkan. 

Berbeda setelah program sertifikasi bergeserlah sasaran siswa dalam mencri kuliah. Kini kependidikan menjadi favorit dalam meneruskan pendidikannya. Dampak positifnya tentu yang masuk perguruan tinggi kependidikan adalah mahasiswa yang telah melalui saringan ketat. Namun dampak negatifnya adalah berbondong-bondongnya munculnya perguruan tinggi tanpa status.

Pemerintah yang seharusnya menjadi wasit untuk mengatur regulasi perguruan tinggi pencetak tenaga kependidikan dan sebagai penyeleksi rekrutmen calon guru kurang berfungsi dengan baik. Banyak guru guru baru yang kompetensinya diragukan bisa masuk menjdi CPNS Guru, sebaliknya banyak tumpukan guru guru berkualitas masih menggantungkan nasibnya melalui honor.

Kebebasan media menambah sederetan kasus buruk berkat sertifikasi. Berita positif seperti tenggelam dan tidak muncul dipermukaan. Justru berita-berita miring dan negatiflah yang bermunculan. Tunjangan yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan keprofesionalan seorang guru ternyata hanya digunakan untuk meningkatkan gaya hidup.

Peningkatan kesejahteraan guru mempengaruhi gaya hidup. Celakanya kasus narkoba, perselingkuhan hingga pereraian meningkat semenjak sertifikasi. Duh, padahal yang berprestasi juga banyak. Mengapa beritanya tidak imbang?

Oiya… lupa info sertifikasi juga banyak yang memanfaatkan “keyword” tentang hal ini ada yang membikin website dengan “tittle” dan “tagline” untuk kepentingan bisnis. coba saja ketik di mesin pencari tetang sertifikasi, pasti banyak info yag bukan berasal dari website kemdikbud, seperti

sertifikasi-guru

Padahal seharusnya untuk dikmen lihatnya dari website dapodkmen dengan url :  http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/infoptk_dikmen/web/ untuk dikdas mungkin juga dari dapodikdas,

dengan tampilannya

sertifikasi-guru2

 

Share

Comments

comments

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline