MENGELOLA SMS DENGAN EXCEL

Pada tulisan sebelumnya, mengenai SMS Center, saya berusaha belajar memanfaatkan SMS Gateway karya Pak Rosihan untuk pembelajaran. Kali ini siswa mendapat tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal ulangan yang terdapat di buku pegangan siswa. Jawaban dikirim mengikuti aturan/format tertentu agar proses pengolahan SMS dapat dikerjakan secara sistemaik.

Soal yang bisa dikoreksi menggunakan rumus excel tentulah jenis soal pilihan ganda. Karena menggunakan sistem SMS, tentu ada kemungkinan siswa saling bertukar jawaban. Namun demikian hal ini tidak menjadikan masalah. Format yang ditentukan adalah NIS*NAMA*JAWABAN*

contoh kiriman SMS tersebut adalah seperti ini :

4721*DWIPRASETYO*US2*ADDAA*BAAED*AAEBB*EBBED*ACECB*ADADD*ADEDB*EDABE*CBEAA*BDDDE*

Semua SMS yang terkirim dan masuk ke modem diekspor ke file excel. Berikut ini adalah langkah-langkah mengelola SMS Jawaban siswa tersebut.

1. Menyiapkan tabel nama siswa pada sheet 1, yang terdiri dari tiga kolom : NO-NIS-NAMA seperti gambar di bawah ini

2. Tabel (range) nama tersebut selanjutnya didefinisikan atau diberi nama dengan cara : blog kolom NIS dan NAMA – menu FORMULA -define name – ketik nama tabel ( contoh IPA1)

4. Pada sheet 2

kolom A (baris ke-3): kita kopikan hasil ekspor SMS siswa, yang kita pakai hanya kolom jawaban saja. Kolom dilebarkan sesuai lebar data.

kolom B (baris ke-3) : mengambil 4 karakter pertama yang berisi NOMOR INDUK SISWA (NIS) sebagai key, ketik rumus = VALUE(LEFT(A3,4)). Penambahan rumus VALUE berfungsi untuk mengubah jenis STRING ke NUMBER, agar bisa digunakan untuk rumus berikutnya.

5. Kolom C (baris 3) : mengeluarkan NAMA SISWA berdasarkan tabel yang telah kita persiapkan di sheet 1 tadi. Tabel tadi saya beri nama IPA1. sehingga rumus yang diketik adalah =VLOOKUP(B3,IPA1,2).

6. Kolom D (baris 3): mengambil jawaban siswa. Karena jumlah soal 50 butir dan setiap 5 jawaban diseling tanda * maka jumlah jawaban siswa sebanyak 60 karakter. Rumus yang digunakan adalah =RIGHT(A3,60) hasilnya

ADDAA*BAAED*AAEBB*EBBED*ACECB*ADADD*ADEDB*EDABE*CBEAA*BDDDE*

7.  Mendistribusikan masing-masing nomor jawaban ke dalam kolom yang berbeda. kita siapkan kolom E s/d kolom BL (sebanyak 60 kolom)

7.a Mulai kolom E (baris ke-2) kita ketik angka 1 s/60 untuk mendistribusikan jawaban.

7.b. Kolom E (baris 3) rumusnya =MID($D3,E$2,1)

Tanda dolar(semi absolute)  diperlukan agar rumus bisa dikopi ke kanan dan ke bawah dengan cara DRAG

8. Mengoreksi Jawaban mulai dari kolom BN s/d kolom DT, menggunakan fungsi logika,

8.a. mulai KOlom BN (baris 1) diketik nomor soal 1 s/d 50 dengan diberi selang kolom kosong setiap lima nomor ( lihat gambar di atas)

8.b. mulai Kolom BN (baris 2) diketik kunci jawaban dengan mengikuti penomoran seperti baris pertama

8.c. Kolom BN (baris 3) rumus untuk mengoreksi menggunakan logika Jika jawaban siswa nomor satu yang terdapat pada kolom E3 sama dengan kunci jawaban yang terdapat pada sel BN2 maka bernilai 1 (satu), jika tidak bernilai 0 (nol). Sehingga rumus yang diketik di BN3=IF(E3=BN$2,1,0).

9. Langkah terakhir adalah menghitung jumlah skor benar menggunakan rumus SUM atau AUTOSUM

10. Selesai sudah mengelola SMS dengan Excel. LAgi-lagi saya menyebut ini bukan tutorial, melainkan berbagi pengalaman. jika ternyata ada yang lebih parktis, saya senang diberi masukan.

 

CATATAN
1. Jika ingin mencoba, tidak harus menggunakan MODEM dan SMS Gateway. Saya pernah menggunakan HP merke NOKIA serta PCSUITE sebagai gateway-nya. di sana juga ada fasilitas ekspor SMS ke CSV yang bisa dibuka oleh excel
2. Jika rumus yang dicoba menghasilkan pesan kesalahan, ada kemungkinan seting regional telah diatur ke Bahasa INdonesia. cara mengatasi tanda KOMA diganti dengan TITIK KOMA
3. jumlah soal menyesuaikan

FacebookTwitterGoogle+TumblrWhatsAppShare

Comments

comments

14 thoughts on “MENGELOLA SMS DENGAN EXCEL

  1. Pingback: Mengirim Jawaban via SMS dan memeriksanya | education Budies

  2. Di sisi satu ada kelebihan, tapi di sisi lain ada kelemahan. Itu ya Pak yang terus terjadi ketika ada hal-ahal baru. Terima kasih, Pak, info maknyusnya….

    Salam kekerabatan.

  3. Gimana caranya supaya mereka tidak saling bertukar jawaban? Mengukur faliditas soalnya kan jadi kacau. Bisa jadi satu jawaban akan tersebar ke seluruh siswa. Mungkin formula ini cocok untuk jawaban questioner.

    • ini kemarin hanya tugas untuk mengisi liburan, memang salah satu kendala adalah saling bertukar jawaban. fenomena itu semakin meyakinkan ketika hasil koreksi yang memiliki nilai sama, memiliki jawaban yang persis sama. ya mungkin yang tepat untuk jenis kuesioner, bukan soal untuk dinilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF