Membuka file DBF

Sekolah mendapat kiriman aplikasi untuk entri nilai ujian sekolah dari dinas pendidikan pemuda dan olahraga. Beberapa bulan yang lalu juga sudah pernah mendapat CD aplikasi entri data peserta Ujian Nasional, tapi bukan saya yang menangai masalah ini. Kemarin saya diminta untuk membuka CD aplikasi tersebut, ternyata setelah saya buka berisi sebuah aplikasi yang dibuat dengan visual foxpro dan beberapa file pendukungnya. Sebenarnya kalau melihat di websitenya sma2mataram isi CD yang saya buka bukan hanya berisi aplikasi entri nilai, namun ada juga aplikasi untuk mencetak kartu. Oh ya saya baru ingat bahwa cetak kartu itu kewenangan dinas kabupaten.

Penasaran dengan file yang berekstensi DBF, saya berusaha mencari informasi ke mbah gugel, ternyata beberapa file dapat dibuka dengan visual foxpro. Membaca postingan di sma2mataram, kemudia saya mencoba donlot aplikasi cetak kartu peserta dari web tersebut. Isi forder DATAPRG dapat kita ganti dengan cara kopi paste dari CD yang di kirim ke sekolah kita, sesuai file-file yang diperlukan. Ada 4 file yang kita timpakan pada folder tersebut, yaitu askes.y2k, database prop, databsae rayon dan database sekolah. Setelah isi folder kita ganti, kita dapat login menggunakan user dan password yang diberikan, dan mengedit kartu peserta untuk keperluan cetak kartu.

Sebenarnya ini hanya berniat untuk jaga-jaga siapa tahu anak-anak nanti kehilangan kartu. Ya semoga saja tidak ada siswa yang ketinggalan atau rusak kartunya. Ada yang bisa mengajari visual foxpro kepada saya?

This entry was posted in ide-ide, pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

15 Comments

  1. Posted June 27, 2012 at 23:50 | Permalink

    thank

  2. Posted June 27, 2012 at 23:50 | Permalink

    thank

  3. Posted April 7, 2011 at 08:24 | Permalink

    ya sama-sama, kita saling berbagi pengalaman untuk pendidikan

  4. Posted April 7, 2011 at 07:30 | Permalink

    Terimakasih Infonya, baru saja saya juga mendapat persoalan yang sama, jadi ada sedikit pencerahan.

  5. Posted March 24, 2011 at 23:21 | Permalink

    Koyone program iki mirip karo wektu jaman EBTANAS kae yo pak? bedane, Mbiyen underDOS, saiki underWindows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will never be published.

Download this post as PDF
CommentLuv badge

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins