Pendidikan Tiada Batas

Membuat CCTV di Sekolah, murah, meriah

CCTV (Closed Circuit Television) adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. CCTV paling banyak digunakan untuk pengawasan pada area yang memerlukan monitoring seperti bank, gudang, tempat umum, dan rumah yang ditinggal pemiliknya.

Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan (diputar, ditekuk, dan di-zoom) , dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet. (sumber)

Dengan memanfaatkan alat sederhana kita bisa membuat CCTV di sekolah atau dirumah. Mendik pun mendukung penggunaan CCTV di sekolah, aktivitas disekolah dapat dipantau dari jarak jauh. Kamera yang kita gunakan adalah dengan memanfaatkan kamera webcam yang sudah tersedia pada laptop dan membeli akses poin untuk koneksi antarPC memanfaatkan WIFI agar video dapat dilihat oleh komputer lain.

akses

Aplikasi yang digunakan adalah w7inst yang dapat diunduh dari SINI. cara installnya cukup simpel, ukuran file tidak besar serta dengan menambah sedikit jamu aplikasi ini menjadi semakin powerful. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan kamera lebih dari 4 dan juga mendukung pemantauan secara internet  jika memiliki domain sendiri.

Akses poin yang kita pakai gunanya untuk mengakses CCTV secara remote dari jangkauan WIFI. untuk itu perlu aplikasi tambahan untuk menjadikan  komputer yang terpasang CCTV menjadi komputer server.  Dalam hal ini saya menggunakan APPSERV sebagai aplikasi werbserver. Cara install appserv dapat dibaca di postingan sebelumnya, aplikasi tersebut dapat diunduh DISINI.

CCTV yang telah kita buat dapat diakses secara remote dalam jangkauan sinyal WIFI yang dipancarkan oleh akses poin, semakin bagus kualitas akses poin, maka semakin jauh jangkauan cctv kita. PC, tablet, ipad, HP yang dapat mengakses cctv tidak perlu dipasang aplikasi khusus. Cukup menggunakan peramban yang tersedia, seperti mozilla atau yang lainnya. Alamat untuk membuka CCTV kita tadi adalah dengan mengetik alamat di peramban http://namakomputer:8080 atau menggunakan IP address pc server yaitu http://IPaddress:8080 cara install appserv dapat dibaca di link ini.

cctv2

komputer klien dari ruang tamu yang membuka cctv via browser dengan alamat busiti:8080

cctv1

tampilan w7inst pada komputer sever dengan kamera aktif, yangterpasang di dapur

Bagaimana? mudah , murah bukan? ooo ya sebelum perangkat lain membuka cctv, sudah tentu webcam server telah diaktifkaan.

selamat mencoba

Share

Comments

comments

9 Comments

  1. December 23, 2014    

    Terima kasih atas infonya an bermanfaat
    sangat berguna d

  2. June 17, 2013    

    wah keren pak budi

  3. June 17, 2013    

    Wah artikel yang bermanfaat pak budi …. Terima kasih sudah sharing 🙂

    • June 18, 2013    

      SAMA-SAMA, MAKASIH JUGA KUNUNGANNYA

  4. May 30, 2013    

    sudah lama nggak berkunjung kerumah Pak Budi … ternyata tambah muantaf … ilmunya berkembang terus … jadi ngiri melihatnya … pengen belajar terus seperti Pak Budi …. yang nggak bosan-bosanya untuk berinovasi.

  5. May 27, 2013    

    terima kasih atas tipsnya, smoga dapat diterapkan

    salam

  6. May 27, 2013    

    terima kasih atas infonya

  7. May 16, 2013    

    Baru kali ini saya dapat lihat bagaimana cara membuat cctv Mas,jujur saya sendiri belum pernah lihat dan memegang alatnya,masih gaptek saya Mas.Butuh pembelajaran disini untuk semuanya.

    • May 20, 2013    

      mari kita diskusi sama-sama, saya juga belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline