Pendidikan Tiada Batas

Membuat Arang Sekam

pembuatan arang sekamUntuk orang orang pinggiran kota serta daerah pertanian khususnya padi tentu mencari sekam padi tidaklah sulit, karena biasanya banyak berdiri penggilingan padi. Sekam bakar menjadi media yang banyak digunakan para petani hidroponik karena relatif murah. Perlengkapan pendukung untuk membuat arang sekam cukup sederhana dan banyak di sekitar rumah. Selain sekam padi (kulit padi sisa hasil penggilingan padi), kawat ram nyamuk, potongan kayu kecil kecil, kertas dan tempat yang kering.

kayu kering atau sisa ketaman kayu untuk memicu pembakaran

Kebetulan hari Minggu ini bertepatan dengan ulang tahun ibunya Nohan Arum yang ke-49. Sambil mengisi hari libur pada hari ini kembali membuat media tanam dari arang sekam. Setelah menyiapkan kawat kasa nyamuk dan dibuat bentuk melingkar seperti cerobong berukuran sekitar 10 cm, kayu kecil-kecil dimasukkan ke dalam cerobong dan dibakar.

Pembakaran sebaiknya sedikit demi sedikit, bisa menggunakan kertas atau sedikit plastik untuk memicu terbakarnya kayu. setelah kelihatan terbakar tambahkan lagi potongan kayu sehingga dapat dipastikan bahwa api telah menyala dengan baik. Bila perlu dikipas sebentar untuk memastikan bahwa api dapat menyala.

Penggunaan wajan besar itu hanya kebetulan di rumah ada. Jika tidak ada wajan dapat langsung dibakar di tanah. Penggunaan wajan hanya memudahkan kalau sewaktu waktu datang hujan dapat diangkat ke tampat yang teduh. Selain itu  hampir sebagian besar sekam dapat dimanfaatkan. Sedikit sekam yang tercecer dan terbuang atau bercampur tanah.

Pembakaran ini memerlukan waktu sekitar 3 jam tergantung kekeringan sekam. Selamat berkebun.

Share

Comments

comments

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline