Pembelajaran Berbasis WEB, sebuah Model?

Seringkali ketika mendengar kata WEB selalu dikaitkan dengan internet dengan keterbatasan kecepatan aksesnya yang menjadi kendala. Selain itu kata Pembelajaran Berbasis WEB juga sering dikaitkan dengan e-learning yang yang mewajibkan siswa/klien terkoneksi dengan internet.

Dengan memanfaatkan “intranet” jaringan komputer yang terhubung secara terbatas, saya bersama peserta didik mencoba melakukan praktikum vrtual. Bahan atau materi praktikum virtual ini dibuat dengan software macromadia, sehingga bisa interaktif. Bahan ajar interaktif yang dibuat dengan macromedia sudah banyak dibuat oleh para guru yang memiliki kemampuan mengoperasikan macromedia tingkat mahir.

Biasanya Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) ini dioperasikan oleh guru, sementara siswa hanya melihat dan mencatat hal-hal yang dilakukan oleh guru. Jika komputer guru diinstall aplikasi server lokal seperti appserv, xampp, wampp dan MPI yang dibuat guru dimasukkan pada folder www, maka komputer klien (komputer siswa) dapat mengakses MPI milik guru tersebut. Komputer klien dapat mengakses jika masing-masing komputer saling terhubung dalam satu jaringan.

Skema Pembelajaran Berbasis WEB, komputer guru – komputer siswa terhubung dengan WIFI lokal

 

Komputer guru yang dilengkapi Akses Poin

 

Contoh praktikum virtual :
1. Titrasi Asam-Basa
2. Titrasi Redoks dalam suasana Asam
3. Mengukur pH larutan dengan pH Meter
4. pH beberapa zat
Contoh-contoh di atas jika diakses pada jaringan lokal akan berjalan cepat dan lancar.

Persiapan alat dan aplikasi
1. Akses poin atau memanfaatkan jaringan yang ada di sekolah
2. menginstall server lokal (appserv, xampp, wampp) pada komputer guru
3. menginstall aplikasi web, seperti blog pada komputer guru
4. Pada komputer siswa/klien tidak perlu dipasang alat atau aplikasi khusus, yang penting memiliki fasilitas WIFI/WLAN

Prartikum virtual ini akan bermanfaat jika siswa diberikan LKS terlebih dahulu, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan praktik sesuai LKS terstruktur yang telah dipersiapkan guru. Selanjutnya siswa bersama teman satu kelompok melakukan diskusi untuk menganalisis data praktik, menjawab pertanyaan-pertanyaan dan merumuskan kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, jenis ini termasuk MODEL PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN ATAU METODE PEMBELAJARAN? mohon masukan dari pembaca semua. Atau hanya media pembelajaran (multimedia pembelajaran interaktif)?

PRAKTIK TITRASI klik tombol BUKA yang ada di bawah ini

This entry was posted in e-learning and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

34 Comments

1 2 3
  1. Posted March 5, 2012 at 20:37 | Permalink

    KBBI memuat makna media adalah me·dia /média/ n 1 alat; 2 alat (sarana) komunikasi spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Metode adalah cara teratur yg digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dng yg dikehendaki; cara kerja yg bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan. Kemudian makna strategi adalah 3 rencana yg cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; 4 tempat yg baik menurut siasat perang.

    Nah, setelah menimbang-nimbang tulisan Pak Bud, sepertinya pemanfaatan media adalah hal utama yang dimanfaatkan dalam kegiatan belajar ini. Namun di luar dari pengistilahan ini, satu hal yang pasti adalah pendapat saya bisa salah dan kegiatan belajar yang dirancang Pak Budi sangat keren!

    • Posted March 5, 2012 at 21:34 | Permalink

      Terima kasih Pak Panji, karena saya memang sedang bingung…
      Multimedia Pembelajaran Interaktif ini yang mengoperasikan siswa dalam kelompoknya, sehingga berdasarkan prinsip WEB yang memiliki kemampuan “multiuser”… multimedia yang dijalankan antara kelompok satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Namun mereka tetap terpandu melalui LKS yang diersiapkan.
      Kalau ini sebuah model, tentu model baru, bukan “distance learning” karena memanfaatkan jaringan lokal

  2. Posted March 2, 2012 at 00:49 | Permalink

    Membaca judul yang Bapak tulis dalam artikel ini, yang ada katanya “model”, saya berpikir apa yang telah Bapak lakukan adalah model pembejaran. Karena, di dalamnya (di dalam model itu) termuat strategi dan metode pembelajaran secara berbarengan.

    • Posted March 2, 2012 at 10:58 | Permalink

      saya lagi kebingungan pak,.. dengan macam-macam istilah

  3. Posted March 1, 2012 at 23:49 | Permalink

    Tentang 3 istilah: model, metode dan strategi pembelajaran, kadang pada operasionalnya kita tidak perlu dipusingkan dengan penamaan ini. Hanya secara akademik ke-3 nya bisa kita pilah. Menurut saya yg Bapak lakukan lebih pada penerapan sebuah metode pembelajaran. Yang terpenting adalah pemanfaatan IT utk pembelajaran yang Bapak lakukan perlu diacungi jempol. Mudah2an guru2 yang lain bisa meneladani ini. Salam kenal dari saya dan ditunggu kunjungan baliknya

    • Posted March 2, 2012 at 10:43 | Permalink

      terima kasih masukkannya.. karena ini berkaitan dengan tugas yang harus saya kerjakan

  4. Posted March 1, 2012 at 23:47 | Permalink

    Good posting. Tentang 3 istilah: model, metode dan strategi pembelajaran, kadang pada operasionalnya kita tidak perlu dipusingkan dengan penamaan ini. Hanya secara akademik ke-3 nya bisa kita pilah. Menurut saya yg Bapak lakukan lebih pada penerapan sebuah metode pembelajaran. Yang terpenting adalah pemanfaatan IT utk pembelajaran yang Bapak lakukan perlu diacungi jempol. Mudah2an guru2 yang lain bisa meneladani ini. Salam kenal

  5. Posted February 29, 2012 at 16:35 | Permalink

    ga salah saya membeli domain virtualis.me semoga ke depan makin banyak yang menggunakan model pembelajaran ini :D

  6. kidulratan.com
    Posted February 29, 2012 at 08:33 | Permalink

    saya setuju bos bagus untu d terapkan di pembelajaran.. mampir bos ke blog saya kita nngopi bareg

  7. Posted February 28, 2012 at 15:03 | Permalink

    waah waah waaaaah. …

    sangat suka artikel ini.
    kunjungan balik kak,sekalian mengabarkan kalau link kakak sudah menjadi sahabat idah. ..
    ditunggu backlinknya kak. . ;)

    idahceris.wordpress.com

  8. Posted February 28, 2012 at 04:56 | Permalink

    Sangat menarik untuk digunakan di sekolah, hanya sayangnya untuk sekolah saya, hal itu belum mungkin dilaksanakan, karena kendala alat.
    Terima kasih Pak atas karyanya
    Selamat dan salam sukses

    • Posted February 28, 2012 at 06:05 | Permalink

      alatnya bisa murah kok pak, tidak harus koneksi ke internet

  9. Posted February 27, 2012 at 21:19 | Permalink

    Paparan di atas tampaknya lebih menggambarkan wilayah kajian tentang media pembelajaran (teknologi pembelajaran) atau istilah lainnya disebut juga alat bantu (jika dalam proses pembelajaran tersebut masih melibatkan intervensi guru) .

    Setiap penggunaan media pembelajaran menuntut langkah-langkah tersendiri, biasanya akan terintegrasi dengan sebuah strategi/metode pembelajaran yang digunakan.

    Barangkali itu pemahaman saya.

    Selamat atas karya inovatifnya!

    • Posted February 27, 2012 at 21:29 | Permalink

      Pak Ahmad, terima kasih masukkannya, karena ini berkaitan dengan tugas yang harus saya kerjakan

  10. Alip Handicom
    Posted February 27, 2012 at 21:02 | Permalink

    Dalam kasus tersebut memang sangat sulit untuk menentukan secara pasti apakah termasuk MODEL PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN ATAU METODE PEMBELAJARAN karena ketiga-tiganya diterapkan dalam proses tersebut, seperti banyak terjadi pada pelajaran TIK juga mengalami hal yang sama, tapi menurutku itu lebih condong kepada Model Pembelajaran.
    Mungkin yg laen mau menambahkan…

    • Posted February 27, 2012 at 21:28 | Permalink

      terima kasih masukkannya, karena ini berkaitan dengan tugas yang harus saya kerjakan

2 Trackbacks

  1. […] RUMI, siswi dari SMA Negeri 1 Dusun Tengah yang malam itu berbahagia dikarenakan pelantikan di kabupaten Tabalong dia sempat tertunda. namum […]

  2. […] penggunaan cara belajar berbasis web pada tulisan sebelumnya (pembelajaran-berbasis-web). Ada teman sejawat yang Bahasa Indonesia menanyakan, “Bagaimana kalau model ini diterapkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will never be published.

Download this post as PDF
CommentLuv badge

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins