Pembelajaran Berbasis WEB, sebuah Model?

Seringkali ketika mendengar kata WEB selalu dikaitkan dengan internet dengan keterbatasan kecepatan aksesnya yang menjadi kendala. Selain itu kata Pembelajaran Berbasis WEB juga sering dikaitkan dengan e-learning yang yang mewajibkan siswa/klien terkoneksi dengan internet.

Dengan memanfaatkan “intranet” jaringan komputer yang terhubung secara terbatas, saya bersama peserta didik mencoba melakukan praktikum vrtual. Bahan atau materi praktikum virtual ini dibuat dengan software macromadia, sehingga bisa interaktif. Bahan ajar interaktif yang dibuat dengan macromedia sudah banyak dibuat oleh para guru yang memiliki kemampuan mengoperasikan macromedia tingkat mahir.

Biasanya Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) ini dioperasikan oleh guru, sementara siswa hanya melihat dan mencatat hal-hal yang dilakukan oleh guru. Jika komputer guru diinstall aplikasi server lokal seperti appserv, xampp, wampp dan MPI yang dibuat guru dimasukkan pada folder www, maka komputer klien (komputer siswa) dapat mengakses MPI milik guru tersebut. Komputer klien dapat mengakses jika masing-masing komputer saling terhubung dalam satu jaringan.

Skema Pembelajaran Berbasis WEB, komputer guru – komputer siswa terhubung dengan WIFI lokal

 

Komputer guru yang dilengkapi Akses Poin

 

Contoh praktikum virtual :
1. Titrasi Asam-Basa
2. Titrasi Redoks dalam suasana Asam
3. Mengukur pH larutan dengan pH Meter
4. pH beberapa zat
Contoh-contoh di atas jika diakses pada jaringan lokal akan berjalan cepat dan lancar.

Persiapan alat dan aplikasi
1. Akses poin atau memanfaatkan jaringan yang ada di sekolah
2. menginstall server lokal (appserv, xampp, wampp) pada komputer guru
3. menginstall aplikasi web, seperti blog pada komputer guru
4. Pada komputer siswa/klien tidak perlu dipasang alat atau aplikasi khusus, yang penting memiliki fasilitas WIFI/WLAN

Prartikum virtual ini akan bermanfaat jika siswa diberikan LKS terlebih dahulu, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan praktik sesuai LKS terstruktur yang telah dipersiapkan guru. Selanjutnya siswa bersama teman satu kelompok melakukan diskusi untuk menganalisis data praktik, menjawab pertanyaan-pertanyaan dan merumuskan kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, jenis ini termasuk MODEL PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN ATAU METODE PEMBELAJARAN? mohon masukan dari pembaca semua. Atau hanya media pembelajaran (multimedia pembelajaran interaktif)?

PRAKTIK TITRASI klik tombol BUKA yang ada di bawah ini

This entry was posted in e-learning and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

35 Comments

  1. Posted December 12, 2014 at 05:02 | Permalink
  2. Posted January 26, 2013 at 04:34 | Permalink

    Terimakasih infonya mas. Model ini sangat menarik, ini bisa dijadikan standard model pembelajaran interaktif. Beberapa keuntungannya, jaringan lokal, tidak diperlukan alat tulis seperti kertas + pena.

2 Trackbacks

  1. […] RUMI, siswi dari SMA Negeri 1 Dusun Tengah yang malam itu berbahagia dikarenakan pelantikan di kabupaten Tabalong dia sempat tertunda. namum […]

  2. […] penggunaan cara belajar berbasis web pada tulisan sebelumnya (pembelajaran-berbasis-web). Ada teman sejawat yang Bahasa Indonesia menanyakan, “Bagaimana kalau model ini diterapkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will never be published.

Download this post as PDF
CommentLuv badge

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins