Pendidikan Tiada Batas

ANJUNGAN AKSES BELAJAR MANDIRI

MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN VARIASI SUMBER BELAJAR DENGAN ANJUNGAN AKSES BELAJAR MANDIRI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke segala aspek dan hampir semua wilayah di Indonesia telah merasakan dampaknya, termasuk Kabupaten Barito Timur. Hampir semua sekolah telah memiliki komputer. Namun kebanyakan penggunaan komputer masih untuk keperluan administrasi sekolah dan administrasi guru. Sedangkan fasilitas internet yang sudah ada kebanykan masih digunakan untuk membuat jejaring sosial.

Anjungan Akses Belajar Mandiri adalah terjemahan bebas (saya) pada istilah e-learning dengan memanfaatkan internet dan jaringan lokal sebagai wadah belajar secara perorangan.

Semenjak PT Telkom meluncurkan program speedy, akses untuk mendapatkan informasi melalui internet semakin mudah dan murah. Hal ini masih ditambah lagi dengan berlombanya operator-operator seluler untuk merebut pangsa pelanggan dengan meningkatkan pelayanan di bidang akses internet melalui jalur GPRS, CDMA hingga 3G. kemajuan teknologi ini akan sangat bermanfaat jika sekolah memanfaatkan internet sebagai salah satu pusat sumber belajar dengan membuat Anjungan Akses Belajar Mandiri.

Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang secara sadar untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

PERMASALAHAN

Berdasarkan pemaparan tentang belajar dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang dampaknya telah dirasakan oleh masyarakat Indonesia serta Barito Timur pada khususnya, muncullah beberapa permasalahan:

1.      Dapatkah Tekonolgi Informasi dan Komunikasi dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran?
2.      Bagaimana memanfaatkan TIK sebagai sarana meningkatkan variasi sumber belajar?

PEMBAHASAN

Sejumlah perubahan paradigma di dalam proses pembelajaran perlu kita lakukan agar kita siap memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu upaya mengingkatkan variasi sumber belajar. Untuk menuju ke pehamanan penggunaan TIK sebagai variasi sumber belajar, perlu adanya peltihan-pelatihan penggunaan komputer dan pemanfaatan  internet hingga pembuatan website.

Beberapa kegiatan telah dilakukan untuk mengajak guru dan siswa agar “melek” teknologi. Jangan sampai guru ketinggalan informasi dibandingkan dengan siswanya. Kegiatan tersebut diantaranya adalah :

1. Membuat weblog (blog) pribadi
Untuk memahami bagaimana cara membuat tulisan danb berbagi informasi melalui  media internet yang dikelola secara pribadi. Blog ini mulai dirintis sejak tahun 2007 dengan platform wordpress. Alamat blog ini adalah http://budies.wordpress.com atau dengan alamat http://budies.co.nr

2. Membuat Weblog sekolah
Karena atas inisiatif dan dikelola sendiri, maka blog inipun masih menggunakan domain wordpress, alamatnya adalah http://smadutabartim.wordpress.com. Pada awalnya pembuatan blog ini ditujukan kepada rekan-rekan guru dalam satu sekolah agar bersedia mengirim atau menulis materi atau informasi yang dimilikinya agar dibaca siswa secara online.

3. Membuat Majalah Dinding Siswa online
Setelah beberapa saat kurang mendapat respon positif dari rekan-rekan sejawat, maka dicoba membuat blog dengan sasaran siswa yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler majalah dinding WMS (Wall Magazine of Student). Kelompok ini dibentuk untuk diberi pelajaran tentang cara pembuatan blog dan dasar-dasar jurnalistik

4. blog ICT Bartim
Pada awal tahun 2010, SMA Negeri Tamiang Layang mengadakan pelatihan membuat blog Beberapa guru dilibatkan belajar membuat blog. ICT Bartim dibentuk untuk mengajak guru-guru di Kabupaten Barito Timur agar mulai belajar teknologi informasi.

5. blog Agregator Komunitas JANAH
Beberapa siswa yang tergabung dalam WMS telah memiliki blog, bahkan beberapa guru di Ampah juga sudah ada yang membuat. Agregator ini difungsikan agar anggota yang telah mendaftarkan blognya di komunitas JANAH (Jurnalis Anak Ampah) dapat mengetahui blogblog mana yang baru saja membuat sebuah postingan.

6. blog domain sendiri
Budiesinfo adalah jawaban yang mulai mengarah pada profesional pengelolaan, penguasaan pemahaman tentang apa dan bagaimana membuat  blog berdoamin sendiri. blog yang beralamatkan http://www.budies.info ini mulai dipersiapkan pada akhir tanhu 2009. Pada Januari 2010 blog ini sudah aktif.

7. Forumborneo.net
8. Forumborneo.com
Keberhasilah komunitas JANAH dapat diukur dari jumlah anggota, asal anggota dan profesi yang bergabung dalam agregator www.janah.co.nr . Jumlah anggota yang telah bergabung dan mendaftarkan blognya di www.janah.co.nr berjumlah 30 blog, sedangkan asal kota pemilik blog selain dari Ampah, adalah Tamiang Layang, Banjarmasin, Palangkaraya, Jogjakarta dan Magetan.

Forumborneo.net dan forumborneo.com berupaya mengakomodasi para anggota secara lebih profesional
9. Aktif  mengisi artikel di website LPMP, agar mendapat masukan dari kalangan pendidikan
10.  Website edu.budies.info ini dipersiapkan untuk pembelajaran berbasis TIK, sebagai Anjungan Akses Belajar Mandiri

Pada kesempatan ini pula perlu sama-sama kita luruskan kembali bahwa TIK bukan hanya komputer dan internetnya, TIK juga melingkupi media informasi seperti radio dan televisi serta media komunikasi seperti telepon maupun telepon seluler dengan SMS, MMS, Music Player, Video Player, Kamera Foto Digital, dan Kamera Video Digital-nya serta e-Book Reader-nya. Jadi banyak media alternatif yang dapat dipilih oleh pengajar untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan.

Secara umum persiapan untuk membuat sebuah situs pembelajaran tidak terlalu rumit jika memang ada kemauan dan kebersediaan untuk terus meningkatkan kompetensi sebagaimana tuntutan profesionalisme. Selain itu biaya untuk pembuatan situs pembelajaran juga tidak terlalu mahal untuk ukuran guru yang telah mendapat tunjangan sertifikasi. Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya menjadi tanggung jawab guru yang mengampu mata pelajaran TIK, namun menjadi tanggung jawab profesi seorang guru.

TIK yang termanfaatkan dengan baik dan tepat di dalam pendidikan akan: memperluas kesempatan belajar, meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan kualitas mengajar, memfasilitasi pembentukan keterampilan, mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan, meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen, serta mengurangi kesenjangan digital.

Dengan mulai banyaknya siswa yang memahami cara penggunaan internet, saya sedang membuat situs pembelajaran, yang disebut dengan e-learning. Dalam pembuatan e-learning diharapkan diperolehnya manfaat, baik bagi siswa maupun guru

a. Manfaat bagi siswa
Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru begitu selesai dikerjakan.

Pemanfaatan e-learrning untuk pembelajaran, siswa dapat melihat/mengakses  multimedia pada situs e-learning tersebut. Adanya multimedia dalam pembelajaran berbasis TIK ini akan mempermudah pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari, karena multimedia mampu :

1.      Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, bentuk molekul

  1. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dll
  2. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dll
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dll
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, ledakan bom atom dll
  5. Meningkatkan daya tarik siswa

b. Manfaat bagi pengajar
Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya.

Selain hal tersebut di atas, keuntungan menggunakan e-Learning lainnya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menghemat waktu proses belajar mengajar
  • Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
  • Mengurangi biaya perjalanan
  • Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
  • Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas

E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/instruktur dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula .

Simpulan : Anjungan Akses Belajar Mandiri dapat dijadikan salah satu alternatif Internet sehat bikin hebat

REFERENSI

Adimphrana, Kwarta. 2008. Strategi Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK. http://www.sman6jkt.web.id/index.php? option=com _content&task =view&id= 50& Itemid=41 : diakses tanggal 28 September 2010. 19:55.

Depdiknas. ___. Buku Sekolah Elektronik. http://www.bse.depdiknas.go.id/ : diakses tanggal 28 September 2010. 20:25.

Haryanto, Edi. 2008. . Teknologi Informasi dan Komunikasi   http:/ /id. wikipedia. org/wiki/Teknologi_ Informasi_ Komunikasi: diakses tanggal 28 September 2010. 19:43.

Kurniawan, Rulianto. 2009. Membangun Media Ajar Online. Palembang. Maikom.

Santosa, Budi . 2009. Ulangan Harian dengan Mengirim SMS. http://budies. wordpress. com/ 2009/09/04/ulangan-harian-dengan-mengirim-sms/ : diakses tanggal 28 September 2010. 19:55.

Sudiawan, Awan. 2008. Pembelajaran Berbasis TIK. http://awan965.wordpress. com/ 2008/02/08/pembelajaran-berbasis-tik/  : diakses tanggal 28 September 2010. 19:51.

diperoleh dari makalah Budi Santosa, yang dipersiapkan untuk mengikuti seleksi cakep 2010
Share

Comments

comments

3 Comments

  1. June 18, 2015    

    Bandar bola terpercaya bermanfaat banget nih

  2. Veny Lai Veny Lai
    January 22, 2015    
  3. December 11, 2010    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline