Pendidikan Tiada Batas

Dimana Barito Timur

gambar dari wikipedia

Banyak yang belum mengetahui secara persis dimana letak Kabupaten Barito Timu. Pengalaman ini sering saya jumpai saat ada kegiatan di luar pulau Kalimantan. BaritoTimur memang kabupaten pemekaran, wajar jika masih banyak yang belum kenal. Berdasarkan peta di samping, Barito Timur adalah daerah yang berwarna merah, masuk provinsi Kalimantan Tengah yang berwarna putih. Daerah seluas 3834km2 ini memiliki  jumlah penduduk 96.820 jiwa (sensus 2010).

Sebelah Utara dan Barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Selatan (kabupaten induk), Sebelah Timur dan Selatan berbatasan dengan kabupaten Tabalong ( prov kalsel). Untuk menuju ke Barito Timur dapat ditempuh melalui jalur Udara-darat. Ditempuh dari jalur Timur rutenya adalah : Bandara Samsudinnoor (Banjarmasin) – banjarbaru – martapura – Binuang – Rantau – Kandangan – pantai hambawang – Amuntai – Kelua – Barito Timur ( jaraknya sekitar 205 km).

barito timur

Sedangkan ditempuh dari arah Barat : bandara Cilik Riwut palangka raya – Timpah – Buntok -Barito Timur , ( jarak 297 km).


Jalan Darat dari arah Banjarmasin sudah ada sejak lama, sehingga relatif lebih ramai dan padat. Sedangkan jalan darat melalui jalur barat masih sepi dan sesekali masih ditemukan jalan yang rusak aspalnya, karena memang jalan ini baru tembus sekitar tahun 2011 lalu.

Tiba di Barito Timur, tidak perlu khawatir mengenai masalah perbankan. Di Ampah Saja sudah tersedia ATM BNI46, BRI, Bank Pembangunan Kalteng. Tempat ibadah, hotel dan kuliner juga sudah standar pelayanan tamu lokal. memang sejak 1o tahun terakhir ini pembangunan di Barito Timur terasa pesat di bawah pimpinan Bupati Drs. H. Zain Alkim.

banner10thUntuk lebih memopulerkan Barito Timur, website www.ha-za.info mengadakan lomba menulis dengan tema “10th Bartim membangun”.

Leave a Reply

Share

Comments

comments

2 Comments

  1. May 2, 2015    

    Jadi Barito ada di Kalimantan Tengah to? Sungainya luas ya Pak?

  2. January 8, 2013    

    maju terus barito timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

Google+ follower

edubudies


Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline