Pendidikan Tiada Batas

Gurus harus BerpoliTIK?

Guru harus berpolitik? Bagaimana nanti kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan? Baiklah, sebelum membahas lebih lanjut, kita simak dulu pengertian politik yang saya kutip dari wikipedia.  Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.
Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik. (wikipedia:31-3-2011)

Secara harafiah, poli berarti banyak, adapun TIK adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi. BerpoliTIK dalam kaitannya dengan guru adalah penguasaan berbagai peralatan/perangkat keras dan aplikasi/perangkat lunak yang berkaitan dengan TIK. Dengan sedikit menguasai perangkat keras elektronika-komputer, guru bisa memperbaiki mainboard yang diperkirakan rusak, membuat meja keramik sendiri, mencari posisi satelit, memperbaiki receiver dll .

Kegiatan pembelajaran akan sangat terbantu jika guru memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajarannya. Siswa juga makin mudah menyerap informasi yang disampaikan. Atmosfer pembelajaran menjadi menarik jika digunakan media yang tepat. Singkat cerita guru berpoliTIK itu perlu!!.

Bagaimana menurut Anda?

Share

Comments

comments

8 Comments

  1. April 9, 2011    

    saya sering mengecoh judul dengan isinya pak

  2. April 9, 2011    

    wah pak budi ni bisa aja, sy tadinya terkecoh. Saya pikir “berpolitik” partai, hehe

  3. April 5, 2011    

    selain berpolitik guru juga harus ngeblog lho Pak !!!

  4. April 4, 2011    

    tadinya sama mau berpoliTIK dan menularkannya, tapi sekarang saya TAKUT

  5. April 4, 2011    

    wa… gpp gan… Guru juga manusia..

    bebas berexpresi…. (anee dukung klo ada guru yang jadi anggota dewan…)

    biar guru bisa lebih menjadi teladan bagi masyarakat

  6. April 3, 2011    

    silakan pak, senang sekali tentunya

  7. Pak Gunawan Pak Gunawan
    April 3, 2011    

    Wah…wajib di tiru nih mas….saya akan aplikasikan…oh yah…numpang kopas foto yah mas…..makasih

  8. April 3, 2011    

    Kalo pengeritannya seperti itu, semua harus berpoliTIK dong pak…
    Ntu fotonya bikin ngakak pak….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download this post as PDF

berrybenka

cari produk di Lazada

Google+ follower

Belanja di LAZADA

Lazada Indonesia

Get paid to share your links!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline